YPPGI Setanah Papua Siap Buat Gebrakan Baru Demi Anak Daerah

Papua, Kabardaerah.com – Ketua terpilih Badan Pengurus Yayasan YPPGI Se-tanah Papua, Sham Pigai mengatakan, telah melaksanakan rapat kerja yang pertama untuk setanah Papua dan siap hidupkan kembali yayasan-yayasan yang ditutup pemerintah.

Sham Pigai juga mengaku, telah melaksanakan raker dengan baik tanpa hambatan juga telah merumuskan program kerja.

“Saya ketua badan pengurus YPPGI di tanah Papua. Hari ini mau menyampaikan bahwa, kami sudah rapat kerja YPPGI yang pertama, kami lakukan di Jayapura, Sentani. Dan sudah berjalan dengan baik, dan pada kesempatan ini kami mau sampaikan dari hasil rapat kerja, kami sudah merumuskan program yang nantinya akan kami jalankan kurang lebih akan jalankan untuk 5 tahun kedepan, baik itu jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang,” ungkapnya, kamis (29/03/2018).

Katanya, dalam program yang dibahas merujuk pada poin-poin spesifik yang akan dikerjakan oleh YPPGI.

Hal yang paling utama kami sudah putuskan yaitu, masalah-masalah yang berbasis di lapangan, ada beberapa masalah-masalah yang berbasis dilapangan. Ada beberapa masalah-masalah yang dilapangan yang perlu kami selesaikan, yang menyangkut dengan kelembagaan adalah, dan persoalan-persoalan sedang dihadapi di lapangan. Yang menyangkut dengan kelembagaan beberapa sekolah-sekolah yayasan yang diambil alih pemerintahan, kami pikir kami adalah mitra pemerintah sehingga, kami akan memproses kembali untuk kami membenahi kembali,” ujarnya.

Ia juga mengaku, dengan diambil alih oleh pemerintah karena berbagai persoalan dilapangan, maka badan pengurus terpilih akan membenahi semua, sebab mereka merupakan mitra pemerintah.

“Untuk benahi kembali yayasan ini karena apapun yang kami sudah buat di yayasan itukan hak dan kewenangan Yayasan, yayasan adalah mitra dari pada pemerintah daerah, baik kabupaten kota maupun provinsi. Oleh karena itu, sekolah-sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan yang sudah di negerikan atau ditutup atau di yayasan lain, kami coba mau bangkitkan kembali,” tuturnya.

Pigai mengatakan, YPPGI yang telah terbentuk punya visi yang kebih baik dari sebelumnya.

“Kami punya visi dan misi, yaitu, Yayasan YPPGI Papua, bangkit berubah dan maju. Dengan visi ini kami pikir, kami badan pengurus baru yang terpilih yang dilantik 28 Oktober 2018. Kami laksanakan Raker ini dengan tujuan, kami mau membangkitkan sekolah yayasan dari hal, yang selama ini dari ketidakjelasan,” katanya.

Pigai juga mengaku, selama berjalannya Yayasan YPPGI kurangnya manajemen yang baik sehingga mengakibatkan merosot jauh maka segalanya ajan ditata ulang.

“Manajemennya belum ditata dengan bagus, kami mau tata kembali dan kami mau rubah, semua pola manajemen yang lebih bagus, lebih profesional lagi sehingga, kami harapkan YPPGI untuk 50 tahun mendatang kedepan, untuk menyongsong 100 tahun YPPGI di tanah Papua,” terangnya.

Pigai mengaku, untuk jilid kedua ini badan pengurus akan membuat terobosan-terobosan baru demi menyelamatkan generasi penerus Papua.

“Untuk jilid kedua ini kami bisa merubah dan membuat 1 perubahan lebih khusus kami pada penguatan manajem, penguatan administrasi, dan penguatan sistem yang kami mau bangun sehingga, baik itu tenaga administrasi, tenaga pengajar maupun para pimpinan-pimpinan sekolah, baik di tingkatan TK, SD, SMP, SMA, sampai dengan perguruan tinggi, kami akan menata mereka membina mereka. Supaya penataan dalam lingkungan YPPGI kedepan bisa lebih baik lagi,” jelasnya.

Diakhir penyampaiannya ia meminta pemerintah daerah maupun provinsi untuk bekerjasama demi menyelamatkan generasi penerus bangsa.

“Kami juga sebagai mitra pemerintah, kami minta dukungan penuh dari pemerintah daerah, baik itu pemerintah kabupaten kota maupun provinsi, supaya kami bisa sama-sama membangun anak negeri, anak daerah, anak adat yang ada di daerah kita masing-masing. Dengan demikian peran dan fungsi kami sebagai pendidik untuk meningkatkan sumber daya manusia anak-anak Papua, orang-orang asli Papua bisa berjalan dan meningkat,” tutupnya.

(Admin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *