Peringati HUT BASARNAS RI, Pemkab Biak Numfor Gelar Upacara Resmi

Bupati Herry Ario Naap bersama Forkopimda dalam suasana upacara yang berlangsung

 

Biak Numfor, KD. Tepat di hari ini 28 februari 2020 pagi hingga siang tadi, Badan SAR di Indonesia memperingati hari lahirnya. Instansi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan di kabupaten Biak Numfor juga ikut bersama-sama melakukan upacara hari jadi SAR Repoblik Indonesia.

Upacara yang berlangsung sejak pagi hingga selesainya, dihadiri sejumlah peserta dari berbagai kalangan dan para tamu undangan. Terpantau langsung awak KD, upacara tersebut berlangsung khidmat dan lancar, serta turut dibacakan sambutan resmi Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

Untuk diketahui, peserta Upacara terdiri dari:
1. Anggota Basarnas Biak
2. Perwakilan Pers LANAL Biak
3. Perwakilan Pers LANUD MNA Biak
4. Perwakilan Pers Kodim 1708 Biak
4. Perwakilan Pers Batalyon Paskhas 468
5. Perwakilan Pers Polres Biak Numfor (Pers Polair Polres Biak Numfor)
6. Perwakilan Pramuka Gudep Basarnas Biak.

Tamu undangan masing-masing:
1. Dan Lanal Biak
2. KaJari Biak Numfor
3. DANYON 468 Paskhas TNI
4. Dan Lanudal TNI-AL Biak
5. Pejabat TNI, POLRI perwakilan masing-masing satuan kerja di lingkup kerja Biak.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, yaitu Bupati Kabupaten Biak Numfor. Begini isi sambutan resmi Kepala Badan Nasional SAR Repoblik Indonesia, yang resmi dibacakan Bupati kabupaten Biak Numfor.

“Selamat siang bapak/ibu, mohon ijin menyampaikan sambutan Kepala Badan Nasional Pencarian & Pertolongan, sekaligus dokumentasi giat Upacara dalam rangka memperingati HUT Basarnas ke 48 tahun 2020 tanggal 28 Februari 2020.”

SAMBUTAN KEPALA BADAN NASIONAL PENCARIAN DAN PERTOLONGAN,PADA UPACARA HARI ULANG TAHUN BASARNAS KE-48, 28 FEBRUARI 2020.

BISMILLAHIRRAHMANIRROHIM, ASSALAMU’ALLAIKUM WR. WB. SELAMAT PAGI, SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEMUA, OM SWASTIASTU, NAMO BUDDHAYA, SALAM KEBAJIKAN.

YANG SAYA HORMATI:
PARA PIMPINAN TINGGI MADYA, PRATAMA, ADMINISTRATOR, DAN PENGAWAS, PARA KEPALA UNIT PELAKSANA TEKNIS, KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN DAN BALAI DIKLAT; SERTA SELURUH PEGAWAI DI LINGKUNGAN BADAN NASIONAL PENCARIAN DAN PERTOLONGAN YANG SAYA BANGGAKAN.

PERTAMA-TAMA, MARILAH KITA PANJATKAN PUJI DAN SYUKUR KE HADIRAT TUHAN YANG MAHA ESA, YANG TELAH MELIMPAHKAN RAHMAT, TAUFIK, SERTA HIDAYAHNYA KEPADA KITA SEMUA, SEHINGGA PADA HARI INI, KITA MASIH DIBERIKAN KESEHATAN SERTA KEKUATAN LAHIR DAN BATIN UNTUK BERKUMPUL DI TEMPAT INI DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI ULANG TAHUN BADAN NASIONAL PENCARIAN DAN PERTOLONGAN ATAU BASARNAS KE-48 TAHUN 2020.

HADIRIN YANG SAYA HORMATI,
HARI INI ADALAH HARI YANG ISTIMEWA BAGI KITA SEMUA, KELUARGA BESAR BADAN NASIONAL PENCARIAN DAN PERTOLONGAN (BASARNAS). BASARNAS YANG LAHIR PADA TANGGAL 28 FEBRUARI 1972, PADA HARI INI GENAP BERUSIA 48 TAHUN. USIA YANG CUKUP MATANG. KITA TELAH MELALUI BERBAGAI DINAMIKA DALAM PERKEMBANGANNYA.

EKSISTENSI KITA SELAMA INI MASIH MENJADI TUMPUAN DAN HARAPAN BAGI MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN OPERASI SAR.  KITA BEKERJA SESUAI KORIDOR, SEPERTI TERTUANG DALAM AMANAH UNDANG-UNDANG NOMOR 29 TAHUN 2014 TENTANG PENCARIAN DAN PERTOLONGAN.

TUGAS UTAMA KITA ADALAH MENYELENGGARAKAN OPERASI PENCARIAN, PENYELAMATAN, PERTOLONGAN, DAN EVAKUASI PADA KECELAKAAN PENERBANGAN, PELAYARAN, KEBENCANAAN PADA TAHAP GAWAT DARURAT, SERTA KONDISI MEMBAHAYAKAN MANUSIA YANG TERJADI DI SELURUH WILAYAH NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA (NKRI). TUGAS BESAR, PENUH TANTANGAN, DAN MEMBUTUHKAN KESERIUSAN KITA SEMUA.

YANG PASTI, KITA TIDAK BEKERJA SENDIRI. KITA DIDUKUNG PENUH OLEH POTENSI-POTENSI SAR YANG ADA, BAIK DI TINGKAT PUSAT MAUPUN DAERAH. SINERGITAS ITU MUTLAK DIPERLUKAN MENGINGAT KOMPLEKSITAS DALAM PENYELENGGARAAN OPERASI SAR.

HADIRIN YANG SAYA BANGGAKAN,SELAMA INI, KITA TELAH MEMILIKI REPUTASI YANG BAIK DI MATA MASYARAKAT. REPUTASI ITU KITA PEROLEH DENGAN KERJA KERAS, DEDIKASI, DAN MOTIVASI YANG TINGGI DALAM MELAKSANAKAN SETIAP TUGAS. TIDAK HANYA PROFESIONAL, SINERGI, DAN MILITAN, TETAPI JUGA PENDEKATAN-PENDEKATAN YANG HUMANIS DAN MENGUTAMAKAN KEARIFAN LOKAL SAAT MENYELENGGARAKAN OPERASI SAR.

SELAMA TAHUN 2019, KITA JUGA TELAH BERHASIL MERAIH BERBAGAI PRESTASI DI TINGKAT KELEMBAGAAN, ANTARA LAIN: PREDIKAT WAJAR TANPA PENGECUALIAN ATAU WTP SELAMA 5 KALI BERTURUT-TURUT; PENGHARGAAN DARI BADAN KEPEGAWAIAN NASIONAL SEBAGAI SALAH SATU LEMBAGA TERBAIK DALAM PENGELOLAAN, PERENCANAAN PEGAWAI, DAN KEPENGURUSAN KENAIKAN PANGKAT;PENILAIAN SANGAT BAIK DARI BADAN ARSIP REPUBLIK INDONESIA (ANRI) DALAM HAL PENGELOLAAN ARSIP.

MERAIH PENGHARGAAN MEDIA SOSIAL KATEGORI VIDEO TERBAIK GOVERNMENT SOCIAL UNTUK LEMBAGA PEMERINTAH DARI KEMENKOINFO; PELAYANAN PUBLIK DENGAN NILAI BAIK DARI KEMENPAN-RB, DAN KITA MENDAPATKAN PREDIKAT MEDIUM CLASSIFICATION SETELAH DINYATAKAN LULUS DALAM ASESMENT YANG DILAKSANAKAN OLEH INTERNATIONAL SEARCH AND RESCUE ADVESORY GROUP (INSARAG) EXERCISE CLASSIFICATION.

SEPERTI KITA KETAHUI, INSARAG MERUPAKAN LEMBAGA INTERNASIONAL DI BAWAH UNITED NATIONAL OFFICE FOR THE COORDINATION OF HUMANITARIAN AFFAIR (UN OCHA) ATAU KANTOR KOORDINASI URUSAN KEMANUSIAAN PERSERIKATAN BANGSA-BANGSA.

SEMOGA PRESTASI-PRESTASI TERSEBUT DAPAT MENJADI ACUAN UNTUK SEMANGAT KITA, SEHINGGA KITA SEMUA LEBIH TERMOTIVASI DALAM BEKERJA GUNA MEMBERIKAN PELAYANAN TERBAIK BAGI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN TUGAS YANG MULIA INI.

HADIRIN YANG BERBAHAGIA,
PADA PERINGATAN HARI ULANG TAHUN KE-48 INI, KITA JUGA MENAMBAH ARMADA KAPAL KITA DENGAN  DUA ARMADA KAPAL NEGARA (KN) BARU , YAITU KN SAR 103 WISNU DAN KN SAR 104 KAMAJAYA & DUA PESAWAT HELIKOPTER YANG SIAP DIOPERASIONALKAN.

DUA KAPAL MASING-MASING BERUKURAN PANJANG 66 METER & 2 HELIKOPTER TERSEBUT SEBAGAI ALAT UTAMA PENDUKUNG PENYELENGGARAAN OPERASI SAR.
KEDUA KAPAL TERSEBUT DILENGKAPI DENGAN BERBAGAI PERALATAN SAR MODERN, SEPERTI REMOTELY OPERATED VEHICLE (ROV), SIDE SCAN SONAR, MULTIBEEM ECHOSOUNDER (MBES), SERTA PERALATAN LAINNYA.

SEMOGA, KEBERADAAN KAPAL-KAPAL DAN HELLY INI AKAN MENINGKATKAN KAPABILITAS OPERASIONAL KITA SEHINGGA PENYELENGGARAAN OPERASI SAR DI PERAIRAN MAUPUN PERMUKAAN DAPAT TERLAKSANA LEBIH EFEKTIF DAN EFISIEN.

HADIRIN YANG SAYA HORMATI,
SEBAGAI LEMBAGA PEMERINTAH NON KEMENTERIAN, KITA JUGA HARUS MENSUKSESKAN PROGRAM-PROGRAM PEMBANGUNAN NASIONAL YANG TELAH DICANANGKAN PEMERINTAH KHUSUSNYA PADA SEKTOR PARIWISATA.

SAAT INI, PEMERINTAH TENGAH FOKUS PENGEMBANGAN 5 (LIMA) DESTINASI  WISATA SUPER PRIORITAS, YAITU DANAU TOBA DI SUMATERA UTARA, BOROBUDUR DI MAGELANG JAWA TENGAH, MANDALIKA DI NUSA TENGGARA BARAT, LABUAN BAJO DI NUSA TENGGARA TIMUR, DAN LIKUPANG DI SULAWESI UTARA.

UNTUK ITU, DARI ASPEK SAR, KITA HARUS SIAP PADA KE-5 DESTINASI UTAMA SUPER PRIORITAS TERSEBUT, SUMBER DAYA MANUSIA ALAT UTAMA, SARANA PRASARANA SEHINGGA DAPAT MEMBERIKAN RASA AMAN DAN RASA NYAMAN BAGI WISATAWAN BAIK DOMESTIK MAUPUN MANCA NEGARA.

KEPADA PARA PEGAWAI DI LINGKUNGAN BASARNAS YANG SAYA BANGGAKAN, BEBERAPA HAL YANG PERLU SAYA SAMPAIKAN PADA KESEMPATAN INI, YANG PERTAMA : AGAR SETIAP PERSONIL BASARNAS SENANTIASA MENJADI PRIBADI-PRIBADI YANG SELALU MENINGKATKAN KEIMANAN DAN KETAQWAAN KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA.

YANG KEDUA : TINGKATKAN TERUS PROFESIONALISME DAN SOLIDITAS DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA BASARNAS. YANG KETIGA : MENJAGA SINERGITAS DAN MEMBINA POTENSI SAR MELALUI WADAH FORUM KOORDINASI POTENSI PENCARIAN DAN PERTOLONGAN.

YANG KEEMPAT : SELALU MENJADI KESIAPSIAGAAN DAN KEWASPADAAN TERHADAP SITUASI DAN KONDISI DI WILAYAH KERJA MASING-MASING SERTA CEPAT MEMBERIKAN RESPON PADA SAAT TERJADI KEGAWATDARURATAN, BAIK PADA KECELAKAAN, BENCANA, MAUPUN KONDISI MEMBAHAYAKAN MANUSIA, YANG BERARTI MEMPERTAHANKAN KINERJA YANG SUDAH BAIK, BAHKAN MENINGKATKANNYA.

YANG KELIMA : SENANTIASA MENJAGA BUDAYA DISIPLIN DAN MENJADI CONTOH PERFORMANCE DI LINGKUNGAN KERJA. SEBELUM MENGAKHIRI AMANAT INI, SAYA MENGUCAPKAN TERIMAKASIH ATAS KEHADIRAN PARA TAMU UNDANGAN PADA PERINGATAN HARI ULANG TAHUN BASARNAS YANG KE-48 TAHUN 2020 INI.

DEMIKIAN SAMBUTAN SAYA, SEMOGA TUHAN YANG MAHA KUASA SENANTIASA MEMBERIKAN PETUNJUK, BIMBINGAN, DAN HIDAYAHNYA KEPADA KITA SEMUA, AMIN, AVIGNAM JAGAD SAMAGRAM, SEMOGA SELAMATLAH ALAM SEMESTA, JAYALAH BASARNAS UNTUK INDONESIA MAJU.

WABILLAHITAUFIKWAL HIDAYAH, WASSALAMU’ALLAIKUM WR. WB. OM SHANTI, SHANTI, SHANTI, OM,
TERIMAKASIH.

 

KEPALA BADAN NASIONAL
PENCARIAN DAN PERTOLONGAN

BAGUS PURUHITO.
MARSYDA TNI.

Penulis: Herry, Oktovianus, SH. Edit & Posted by: Jeffry, JRW~Admin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *