Danau Paniai Meluap Hingga Ke Perumahan Warga

Papua, kabardaerah.com – Kabag Humas Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Paniai, Aleks Yogi Mengaku, terjadinya luapan danau paniai hingga ke pemukiman disebabkan oleh tingginya curah hujan yang mengguyur dari bulan Juli hingga saat ini serta akibat pembuangan sampah di danau oleh warga.

“Terjadinya luapan air di danau paniai Kabupaten paniai di sebabkan oleh tingginya curah hujan yang mengguyur sejak bulan juni hingga saat ini yang kedua terjadinya pedangkalan danau di sebabkan pembuangan sampa ke danau yang berjumlah besar,” ujarnya, melalui pesan singkat WA, Minggu, (3/09/2017).

Yogi menjelaskan, akibat dari pembuangan sampah telah terjadi erosi dan abrasi di danau Paniai yang menutupi daerah resapan air, serta bertambahnya pembangunan di daerah resapan air menjadi persoalan besar.

“Terjadi erosi dan abrasi yang menutupi dàerah resapan air, adanya tumbuhan ecengondok di pinggiran danau, dan yang ketiga, adanya pengebangan pembangunan ke tempat resapan air,” jelasnya.

Ia juga mengatakan terjadinya luapan karena tidak adanya upaya dari dinas terkait akibatnya rumah warga terendam air danau dan kerugian yang dialami warga cukup besar.

“Dan tdk ada upaya intansi terkait untuk melakukan pengeruhkan atau pembersihan sampa dan pemusnaan tumbuhan eceng gondok yang tumbuh begitu cepat sehigga mengakibatkan ribuan rumah warga terendam air dan kerugian harta yang alamih warga cukup besar krn hampir sebagian besar warga mempunyai kebun di pinggran danau dan membiarkan ternak babi mereka berkeliaran di sekitar danau,” jelasnya.

Akibatnya warga harus relah jika “banyak peliharan mereka tenggelam dan mati akibat kelaparan,” katanya.

Disamping itu Ia mengatakan, warga telah mendapatkan bantuan bama dari pemerintah daerah kabupaten Paniai.

“Sementara warga telah mendapat bantuan bama dari pemerintah sejak minggu awal bulan agustus 2017,” tuturnya.

(Dami Zanambani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *