Gubernur Apresiasi Terlaksananya Pelantikan MRP

Acara Pelantikan MRP Oleh Mendagri
Acara Pelantikan MRP Oleh Mendagri

Papua, Kabardaerah.com -Gubernur Papua, Lukas Enembe, mengapresiasi terlaksananya acara pelantikan Majelis Rakyat Papua (MRP) pada senin (20/11).

“Atas nama Pemerintah Provinsi Papua saya mengapresiasi pengambilan sumpah janji dan pelantikan ini memberikan mandat jelas sebagai representasi kultural orang Papua yang memiliki kewenangan dari adat, agama, dan perempuan,”ungkapnya senin, (20/11/2017)..

Ia mengatakan, peran MRP dibutuhkan dalam rangka menentukan kebijakan daerah melestarikan budaya, serta lingkungan hidup alam papua.

“Untuk itu butuh kerjama sama dengan lembaga pemerintahan dan harus responsif cepat tanggap terhadap apa yang diinginkan masyarakat asli Papua,” katanya.

Termasuk mendukung berbagai program pemerintah dalam rangka mewujudkan visi Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera

“Mendagri sudah lantik jadi tugas kewajiba kalian sudah jelas. Jadi harus pahami dan mengerti. Jangan bawa yang bukan kewenangan kalian,” ujar Gubernur mengingatkan

Menurutnya, dari 43 anggota MRP yang lalu sekarang bertambah menjadi 51 anggota. Ini mengikut dari bertambahnya 14 kursi di DPRP. “Sehingga seluruh anak Papua bisa mengisi baik di MRP maupun DPRP,” imbuhnya.

Gubernur mengingatkan agar setelah pelantikan agar MRP segera membentuk alat kelengkapan. Mengingat ada agenda besar yang bakal dilaksanakan yakni pilgub Papua 2018.

Jumlah Anggota MRP adalah 3/4 dari anggota DPRP. Ini merupakan pelantikan ketiga kalinya sejak adanya Otsus. Dari 51 anggota yang dilantik terbagi atas 17 anggota dari jalur adat, 17 jalur agama, dan 17 anggota dari jalur perempuan.

(Admin/ wartaplus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *