Di Wisma Pemprov Riau Jakbar, Rakernas Media Online Kabar Daerah Resmi Dibuka PU

DKI Jakarta, KD. Minggu, 04 November 2018 merupakan hari bersejarah bagi hadirnya media online kabardaerah.com di Indonesia. Meskipun terbilang baru durasi waktu berdirinya media ini, namun sebagai media nasional yang sudah memiliki perwakilan hampir di setiap daerah KD bisa menyelenggarakan kegiatan Rapat Kerja Nasional ( Rakernas ) perdananya.

Pembukaan Rakernas secara internal yang dipimpin Pemimpin Umumnya Budi Gunawan ini, dimulai tepat pukul 13.00 Wib bertempat di Wisma / Mess Pemerintah Daerah Provinsi Riau yang beralamat di Jl. Brigjen Katamso Nomor 35A, RT.5/RW.8 Kota Bambu Selatan, Palmerah kota Jakarta Barat – Provinsi DKI Jakarta ( kode Pos 11420 ).

Dalam penyampaian PU ( pemimpin umum ) di hadapan para wartawannya, Budi sangat menyampaikan rasa terimakasihnya atas kehadiran cru awak media dari berbagai daerah yang bisa ikut serta menghadiri kegiatan ini, kendatipun ada rekan-rekan wartawannya yang lain yang tidak sempat ambil bagian dikarenakan persoalan dukungan financial.

“Tentunya ini menjadi suatu kebanggaan bagi saya dan bagi kita semua. Dalam Rakernas inilah kita bisa saling mengenal lebih dekat satu dengan yang lainnya ; baik di antara sesama teman-teman pimpinan redaksi KD daerah sendiri, di antara sesama anggota KD yang bertugas di daerah, tetapi juga dengan saya selaku pimpinan umum.

Tujuannya, adalah dalam rangka memperkuat silahturahmi. Selain itu, kita juga akan membahas tentang pengembangan kabardaerah.com menjadi lebih baik lagi ke depannya. Tentunya sebagai pimpinan umum, saya sampaikan bahwa kabar daerah ini juga tidak terlepas dari peran pentingnya para perwakilan kita di provinsi yang bisa membuat media kita ini maju dan berkembang.

Dalam rapat kerja nasional ini, kita juga akan mendengar keluhan-keluhan atau masukan-masukan dari teman-teman sekalian, supaya media KD ini bisa mejadi lebih baik lagi. Nah saya juga sangat berterimakasih kepada Gubernur Riau, dan juga buat Assisten Protokoler Riau atau Assisten II Drs H. Masperi, Se. MM yang bisa memfasilitasi kita melakukan rakernas. Mereka sudah berbaik hati memberikan tempat untuk melakukan rakernas di sini” ujar PU.

Budi dalam pesan pembukanya juga turut menyampakaikan keprihatinannya atas perjuangan keras rekan-rekan KD di daerah masing-masing, yang berjuang dengan segala kemampuannya untuk bisa terlibat hadir dalam acara rakernas yang baru pertama kali ini dilakukan.

“Saya yakin untuk datang ke Jakarta sangat perlu dukungan biaya yang cukup bagi teman-teman media, tapi luar biasa teman-teman bisa berupaya semaksimal mungkin sampai sudah bisa datang untuk menghadiri kegiatan perdana kita di sini. Pasti ada energi, pikiran dan juga biaya yang keluar untuk datang di Jakarta. Ini harus kita bangga!.

Kabar Daerah sudah berjalan selama kurang lebih 1 tahun 3 bulan, tetapi syukur alhamdulilah rating KD sudah tinggi dan walaupun dengan durasi waktu yang masih tergolong baru, media KD sendiri sudah mulai besar. Ini kebangganggaan kita semua sebagai anggota KD, sehingga kita harus tetap solid, punya komitmen dan eksis selalu untuk membesarkan KD di Indonesia.

KD kita memang bertujuan hadir untuk mengedukasi masyarakat, tetapi juga untuk menjadi sosial kontrol bagi pemerintahan yang sedang berjalan, baik di pusat maupun daerah. Intinya KD hadir untuk menjadi mitra kerja pemerintah dalam mengangkat semua kegiatan pembangunan dan pemerintahan, namun juga menjadi alat fungsi kontrol terhadap setiap kebijakan pemerintah yang dibuat.” Pungkas pimpinan umum mengawali penyampaiannya.

Disodorkan pertanyaan pasca pembukaan rakernas tersebut mengenai wartawan KD dalam kemitraannya dengan pemerintah daerah di Papua, Budi berharap agar ke depannya awak KD Papua yang ada dapat bertugas dan menjalankan fungsi-peranya lebih baik lagi sebagai sosial kontrol, tetapi juga sebagai penghubung kepada pemerintah dalam menyampaikan aspirasi masyarakat di Papua.

“Saya berharap kabar daerah Papua ke depannya lebih baik lagi, yaitu dalam hal melakukan peran kontrol sosialnya di Papua, tapi juga nenjadi penghubung untuk membawa aspirasi masyarakat kepada pemda setempat. Artinya, mengingatkan pemda jika ada kesalahan, menegakan supremasi hukum, dan pula tentu harus menjalankan peran media sesuai kode etik yang ada secara profesional, penuh integritas, dan benar-benar independen serta netral.

Saya juga berharap agar pemerintah daerah di Papua mampu untuk menerima wartawan kabar daerah, di mana saja dia bertugas melakukan liputan. Sebagai tambahan dari saya, wartawan itu harus bela rakyat!.” Tutur pimpinan umum kabardaerah.com menutup keterangannya.

Rakernas KD yang digelar ini sekedar untuk diketahui, meskipun terkesan dadakan, namun hampir sejumlah peserta yang datang sebagian besarnya sudah mewakili daerahnya masing-masing. Dan kendatipun ada yang mungkin dengan kondisi keuangannya yang pas-pasan bertekad menghadiri rakernas, namun antusiasme yang luar biasa serta suasana kebersamaan begitu terlihat dalam kegiatan membanggakan ini.

{ Pewarta : Dami Zanambani, Jeffry R. Warpinggon, Rigol Sanadi~Jakarta }.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *