Distrik Muara Tami Dilanda Banjir, TNI Bantu Evakuasi Warga

Foto ; TNI saat membantu warga yang rumahnya terendam air

Muara Tami, Kota Jayapura~Papua (KD). Curah hujan yang tinggi dan masih berlanjut mengakibatkan meluapnya Sungai Tami yang berada di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.

Banjir bandang yang melanda  sebagian wilayah di kabupaten Jayapura, ternyata terjadi juga di Distrik Muara Tami – Kota Jayapura.

Banjir ini membuat masyarakat Koya Karang terpaksa mengungsi untuk sementara ke tempat yang lebih tinggi, agar jauh dari lokasi banjir. Terpantau pula ada beberapa orang warga yang tidak sempat keluar  rumah dan masih terkepung oleh banjir.

Guna membantu proses evakuasi bagi warga yang masih berada di rumah – rumah mereka, prajurit TNI dari Yonif PR 328 dikerahkan untuk menyelamatkan mereka yang masih terjebak dalam banjir tersebut.

Personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI – PNG dari Yonif PR 328/DGH, Sertu Andi kepada awak media ini menyampaikan kebenaran hal itu.

” Ada beberapa keluarga yang terjebak dan terhimpit oleh banjir di sini, sehingga kami dari Satgas Yonif PR 328/ DGH, di minta turun ke lokasi untuk melakukan penyelamatan kepada mereka yang terjebak, dan berada dalam kondisi panik.

Syukur semuanya dapat kami selamatkan, ” terang Andi mewakili rekan – rekannya yang bertugas.

Kantor Balai Desa/Kampung yang ikut terendam banjir

Sementara itu salah seorang tokoh masyarakat kampung Yowong, Yeskia Ayorbaba saat diwawancarai mengatakan, kawasan Koya Karang merupakan daerah yang sering dilanda banjir jika hujan turun terus-menerus.

Lagi menurutnya, Koya Karang biasanya dilanda banjir karena berada tepat di antara Sungai Tami, sehingga jika hujan deras turun lebih dari satu hari saja wilayah Koya Karang sudah pasti akan banjir.

” kawasan Koya Karang merupakan daerah yang sering dilanda banjir jika hujan turun terus-menerus.

Koya Karang ini biasanya dilanda banjir, karena berada tepat di antara Sungai Tami. Ini yang membuat sehingga jika hujan deras turun lebih dari satu hari saja, pasti wilayah Koya Karang sudah akan terkena banjir, ” Bilang Yeskia.

Dirinya, warga Yowong ini mewakili seluruh masyarakat kampungnya dan masyarakat di Koya Karang, akhirnya menyampaikan rasa terima kasih kepada personel Satgas TNI yang bertugas melakukan penyelamatan bagi warga mereka yang terkepung oleh banjir sehingga tidak ada korban jiwa.

” Puji Tuhan…. kami sangat bersyukur sebab warga yang terjebak banjir dan terdesak ini masih bisa tertolong dan di selamatkan. Semua ini berkat bantuan dan kerja keras anggota Satgas TNI yang bertugas. ” Imbuhnya.

{ Penulis & Pewarta : •Nando, posted by ; Jeffry, R.W~Wapemred• }

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *