Masyarakat Tapal Batas Tolikara Mamberamo Raya Dan Puncak Jaya Apresiasi Kepemimpinan Bupati Yuni Wonda

 

Foto insert; Kepala kampung Tubukime berdiri paling kiri, berdiri tengah kepala suku kampung Tubukime, dan paling kanan adalah tokoh pemuda Boni Wonda (03/08/21).

Jayapura Papua, KD. Bupati kabupaten Puncak Jaya, dalam pandangan dan juga isi hati masyarakat yang berada di daerah tapal batas 3 kabupaten itu, mereka menilai cukup berhasil Yuni Wonda membuat berbagai perubahan dalam kepemimpinannya yang sudah mendekati 5 tahun.

Dari beberapa video live yang dikirim nara sumber Leki Kogoya kepada media ini ketika berkunjung ke wilayah itu, sangat terlihat jelas antusiasme masyarakat atas kinerja Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda sendiri di beberapa kampung itu, jelang setahun akan berakhir masa kepemimpinannya.

Berikut beberapa catatan yang dirangkum media ini dari nara sumber terpercaya, salah satunya dari kampung Tubukime. Ada bukti video dengan beberapa foto yang turut dikirim sebagai bukti antusiasme warga, terhadap pemerintah daerah yang dikepalai Yuni Wonda sebagai Bupati.

Harapan masyarakat kampung Tubukime sebagai salah satu contoh (disungguhkan Leki dengan informasinya), bukti keseriusan Bupati Puncak Jaya dalam membangun daerahnya, semoga bisa dicontohi kepala daerah dari Tolikara dan juga Mamberamo Raya.

Harapan kepala kampung Tubikime ketika saya temui di sana, dia bilang begini; “saya tahu pasti pak Yuni menang jadi Bupati, maka kami punya suara semua kami kasih sama dia atas nama kampung Tubukime.

Jumlah suara kami adalah sebanyak 600 kami kasih waktu itu, dan kami berterimakasih dan sangat bersyukur sekali pak Yuni sudah menang, dan semua sentuhan pelayanan Bapak Bupati dirasakan oleh kami semua di kabupaten Puncak Jaya, dan secara khusus kami di sini.” Ungkap Leki meniru ucapan kepala kampung.

Ini saya bicara mengikuti apa yang disampaikan oleh kepala kampung. Lanjut kepala kampung, dia bilang begini: “Secara pribadi dan keluarga, saya sampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati karena anak saya berhasil dan bisa diangkat jadi anggota DPRD di kabupaten Puncak Jaya.

Pada saat kami serahkan suara sebanyak enam ratus waktu itu, harapan kami masyarakat yaitu adanya pemakaran Distrik Baru, yaitu: 3 kampung diambil dari distrik Gubume dan 4 kampung dari distrik Torere. dan sampai saat ini masyarakat selalu mempertanyakannya.

Apa jawaban saya apabila mereka pertanyakan itu?, saya selalu menjawab kepada mereka, bahwa setiap perkara punya waktu masing-masing. Saya kasih tahu masyarakat saya, urusan pemekaran pasti punya waktu dan itu sudah diatur Tuhan.” Tutur kepala kampung Nius Wonda.

Lagi Leki menambahkan demikian; Intinya bapak kepala kampung itu sangat bersyukur sekali, karena waktu itu dia tidak salah pilih. Pak kepala kampung katakan begini; “Bersyukur saya memilih pak Yuni Wonda sebagai Bupati Puncak Jaya, maka saya dan masyarakat kini bisa merasakan pembangunan di kabupaten Puncak Jaya sekarang.

Suasana ibadah di kampung Tubukime, dan jemaat Tuhan ketika mendengar Firman Tuhan yang disampaikan dalam bahasa daerah setempat.

Semua orang bersyukur dengan kepemimpinan Bapak Bupati Puncak Jaya, karena kami lihat dan memang rasakan sendiri ada perubahan yang terjadi sekarang. Pokoknya berbeda dengan Bupati sebelumnya, pak Yuni sangat bagus sekali menurut pengamatan kami.

Salah satu contohnya seperti jalan yang sudah bisa tembus wilayah perbatasan kabupaten lain. Kami jujur sangat bangga dan senang sekali dengan bapak Yuni, karena dia benar-benar membangun dengan hati.” Ucap kepala kampung.

Unek-unek itu turut diungkapkan salah seorang tokoh pemuda bernama Boni Wonda. Kepada Leki saat ditanyai, pria muda ini juga mengeluarkan isi hatinya terkait kepemimpinan seorang Yuni Wonda menjadi Bupati.

“Seseorang untuk memimpin di daerah Gunung, harus bisa belajar dari kepemimpinan Bapak Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda. Dia harus punya jiwa pemimpin seperti pak Yuni baru bisa. Pak Bupati Puncak Jaya itu punya apa saja yang kami perhatikan, seperti;

1. Kedisiplinan ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya yang luar biasa.
2. Beliau bisa membina dan mendidik anak-anak muda yang siap maju bersaing di birokrasi, dengan memberikan kesempatan kepada anak-anak daerah untuk maju dan bersaing.

3.  Adanya realitas dalam hal pembinaan masyarakat yang hidup mandiri dan sejahtera.
4. Beliau utamakan anak-anak Papua dalam memberikan kesempatan kerja kepada generasi Papua, untuk Tes ASN di Puncak Jaya, dari berbagai suku dan etnis di Papua. Dan masih ada beberapa keberhasilan lainnya lagi yang pak Yuni sudah buat.

Bersyukur sekali saya dan om saya kepala kampung Tubukime, kami memberikan suara 600 yang kami miliki, dan saat ini saya melihat kondisi pembangunan di Puncak Jaya yang luar biasa dalam kepemimpinan pak Bupati kita ini.

Saya sangat senang sekali dengan kepemimpinan Bapak Bupati Puncak Jaya, Dr. Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM. Beliau orang yang memang betul-betul punya hati untuk membangun kabupaten Puncak Jaya.” Tutur Boni Wonda.

Leki Kogoya.

Menutup keterangannya, nara sumber Leki Kogoya juga membeberkan apa yang menjadi harapan mereka. “Iya, harapan mereka seperti yang sudah disampaikan oleh bapak kepala kampung dan juga tokoh pemuda bernama Boni Wonda tadi.

Saya pribadi juga memperhatikan untuk kita di daerah pegunungan ini, menurut hemat saya sendiri pak Yuni Wonda dalam menjalankan sistem pemerintahannya di Pemda Puncak Jaya, dia terbaik dari Bupati-Bupati yang lain yang berada di wilayah Pegunungan Tengah Papua.

Apa yang diutarakan kepala kampung, tokoh pemuda, dan masyarakat yang ada di tapal batas sana, itu unek-unek atau isi hati mereka sendiri yang mereka keluarkan, karena memang mereka merasakan ada sentuhan perubahan dalam pembangunan di Puncak Jaya, dalam masa kepemimpinan pak Bupati Yuni Wonda.

Jadi kalau masyarakat menyampaikan rasa syukur dan kesukaan serta dukungan mereka kepada bapak Yuni Wonda, maka menurut saya itu hal yang wajar saja. Itu bentuk apresiasi dan unek-unek mereka dalam menilai kinerja seorang pemimpin. Spontan mereka katakan itu kepada saya.

Ya satu saja harapan saya, semoga permintaan mereka untuk dilakukan pemekaran di wilayah kampung mereka itu bisa secepatnya diperhatikan dan ditindaklanjuti Pemda Puncak Jaya sendiri, tentunya jika semua kriteria untuk memekarkan suatu wilayah kampung itu sudah terpenuhi.

Harapan saya terakhir, pertama semoga di sisa periode bapak Bupati kita ini, beliau lebih berbuat yang terbaik bagi kesejahteraan warga masyarakat kita yang ada di Puncak Jaya.

Kedua, harapan kita semua semoga pak Yuni Wonda tetap ada untuk kita pada 5 tahun berikutnya lagi, di masa periode berikutnya.” Bilang Leki bersama warga Tubukime berharap.

Penulis dan Pewarta: Jeffry (Jack, R.W) – Pemred/Admin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *