Gubernur Papua Barat Buka MTQ IX Di Sorong Selatan

 

Teminabuan, Sorsel, KD. Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan, MSi bersama ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Papua Barat Mohamad Lakotani, SH, MSI, Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli, SE, MTr. AP, dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Barat Luksen James Mayor, membuka penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Quran Tingkat Provinsi Papua Barat IX, bertempat di Lapangan Trinarti Teminabuan Sorong Selatan. 07 Mei 2022.

Hadir dalam acara ini Ketua Panitia Musabaqoh Tilawatil Quran Tingkat Provinsi Papua Barat IX Drs. DM Syaranamual, M.Pd, Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat Irjen. Pol. Dr. Tornagogo Sihombing, S.IK. M.Si, Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos, Kajati Papua Barat, Kabinda Papua Barat, dan Bupati Maybrat Drs. Bernard Sagrim, MM.

Turut hadir pula Bupati Kaimana Fredy Thie, Wakil Bupati Sorong Selatan Drs. Alfons Sesa, MM, Wakil Bupati Fak-Fak Yohana Dina Hindom, Wakil Bupati Bintuni Matret Kokop SH, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten kota Se Papua Barat, Pimpinan OPD Provinsi dan Kabupaten Kota, Pimpinan Ormas Islam, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta disaksikan oleh ribuan warga Teminabuan.

Pelaksanaan acara dipadukan dengan sejumlah prosesi, di antaranya karnaval dari para Kavila dari masing masing kontingen, Upacara Pengibaran Bendera MTQ, Tarian Kolosal, dan diakhiri dengan peggelaran Musik dari Musisi Religi bernuansa Islami, Debu.

Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli, SE, MTr.AP yang juga menjabat selaku Ketua LPTQ Kabupaten Sorong Selatan, dalam sambutanya menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan kegiatan MTQ Ke-9 Tahun 2022, dan yang terutama kepada Pemerintah Provinsi Papua Barat.

Bahwa terselenggaranya acara ini tidak terlepas dari dukungan seluruh elemen masyarakat Sorong Selatan, mulai dari unsur Gereja, kerukunan umat beragama, serta dukungan dari para Tokoh Masyarakat, Agama, Pemuda, Perempuan dan lain lain.

Bupati menyampaikan bahwa dalam acara ini yang membawakan Paduan Suara MTQ, dilantunkan oleh Tim Pesparawi Sorong Selatan, yang beberapa waktu lalu menjuarai Pesparawi GKI SeTanah Papua di Kaimana.

“Artinya bahwa betapa indahnya toleransi kerukunan antar umat beragama yang kami bangun di kabupaten Sorong Selatan selama ini.

Kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ)Tingkat Provinsi Papua Barat IX yang telah membudaya di Tanah air kita, terutama MTQ dan STQ memberikan angin segar bagi umat Islam untuk lebih giat mempelajari dan memahami serta mencintai AlQur’an, sebagai petunjuk hidup yang mengeluarkan umat manusia dari kegelapan kemusyirikan kepada cahaya tauhid yang mulia.

MTQ Tingkat Provinsi Papua Barat Ke-IX digelar dalam rangka menyeleksi Qori/Qoriah dan Hafiz Hafizah terbaik dari seluruh Kabupaten Kota yang akan diutus mewakili Provinsi Papua Barat pada MTQ Nasional di Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan,Tahun 2022.

Kami berharap agar MTQ Provinsi Papua Barat IX dapat berlangsung dengan lancar, sukses dan aman.

Sementara itu Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan, M.Si dalam sambutanya menjelaskan; “Kita patut bersyukur bahwa agar MTQ Provinsi Papua Barat IX dapat dilaksanakan secara tatap muka, yaitu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, karena sebelumnya di tahun 2020 pada MTQ VIII PROVINSI Papua Barat sebenarnya telah ditetapkan di kabupaten Sorong Selatan sebagai Tuan Rumah.

Namun karena kasus Covid-19 dengan penularan sangat tinggi, sehingga Satgas Covid-19 Papua Barat tidak mengijinkan untuk melakukan kegiatan tersebut secara tatap muka, dan direkomendasikan pelaksanaanya secara visual dengan tempat pelaksanaan di kabupaten Manokwari.

Berkenaan dengan pelaksanaan MTQ Provinsi Papua Barat IX secara tatap muka, saya berharap kepada seluruh kavila, dewan hakim, panitera serta panitia penyelenggara, agar keseluruhan aktifitas MTQ IX ini kiranya dapat terselenggara dengan baik, dengan aman, tertib dan lancar.

Yakni dengan tidak mengurangi mekanisme makna dan sesuai dengan nilai spiritual dan ketentuan yang berlaku, sehingga dapat melahirkan Qori/Qoriah dan Hafiz, Hafizah, muzafir, muzafirah, yang berkualitas untuk mewakili Provinsi Papua Barat dalam pelaksanaan MTQ Tingkat Nasional Tahun 2022.

Dengan harapan Kavila Provinsi Papua Barat juga dapat memperoleh hasil yang maksimal pada MTQ Tingkat Nasional tersebut, seperti Iven MTQ Nasional sebelumnya,” ungkapnya dalam sambutan yang disampaikan (📢: **/Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *