Ambil Kayu Dari Mondialindo, Yerry: “Kami Masih Menduga PT. Sijas Sering Terima Kayu Masyarakat”

Foto: Kendaraan Truk pengangkut saat memuat Kayu Log jenis Merbau, memasuki areal Pabrik PT. SIjas Expres Sejahtera Unit 2 di kampung Benyom 1 distrik Nimbokrang.

Sentani Kabupaten Jayapura, KD. Rabu 18 Oktober 2023, 2 buah foto muatan kayu log/kayu bulat lewat chat what’sapp, dikirim salah seorang karyawan perusahaan kayu kepada Wartawan media ini.

Foto insert: Ketua LSM WGAB Provinsi Papua, YERRY BASRI MAK, SH.

Kedua foto itu dikirim salah seorang karyawan/pegawai dari perusahaan kayu industri lain di Nimbokrang {Nara sumber: dirahasiakan sementara}, dengan maksud menunjukkan bahwa PT. SIJAS EXPRES SEJAHTERA sumber bahan baku kayunya diambil dan diperoleh, hanya dari HPH PT. Mondialindo Setya Pratama, di kampung Nengke kabupaten Sarmi, Papua.

Foto screenshot: Bukti pengiriman foto aktivitas PT. SIJAS EXPRES SEJAHTERA ketika memuat Bahan Baku KAYU dari kampung Nengke, kabupaten Sarmi. Waktu chat Whats’App 14:24 WIT.

2 foto itu dikirim menyusul berita KD yang sudah rillis rabu 18 Oktober 2023 lalu, terkait dugaan PT. Sijas yang turut menerima kayu masyarakat adat/lokal, yang disoroti ketua LSM Wadah Generasi Anak Bangsa (WGAB) Provinsi Papua, Yerry Basri Mak, SH. Tajuk berita yang telah dirillis dan viral itu dapat dilihat dibawah ini👇, silahkan diklik link warna biru untuk dibuka dan dibaca isi beritanya.

https://papua.kabardaerah.com/2023/10/18/takut-beri-konfirmasi-ke-wartawan-ketua-lsm-wgab-pt-sijas-express-sejahtera-sangat-diduga-terlibat-praktek-ilegal-loging/.

Kendatipun telah menunjukan bukti foto pengambilan Bahan Baku KAYU MERBAU yang dibeli dari Suplier PT. Mondialindo di Sarmi, ketua lsm resmi itu kepada media kabar daerah siang tadi {22/10}, tetap menduga perusahaan kayu industri primer PT. Sijas patut diduga kuat melakukan praktek ilegal loging (mengambi atau menerima kayu masyarakat adat/lokal), terkait sumber bahan bakunya.

“Sampai sekarang kan dia (Sijas, red) tidak berani untuk memberikan keterangan konfirmasinya yang akurat dan transparan kan?, kepada Wartawan maupun kami LSM.

Ada apa kalau begitu?. Yo dia diam berarti ada yang dia disembunyikan, makanya pimpinan atau Direktur PT. Sijas Expres Sejahtera dan orang kepercayaannya di unit 2 Nimbokrang bernama bos Nirman itu juga, tidak berani bertemu wartawan dan kami lsm hingga sekarang.

Masa untuk kasih keterangan saja kok susah?, sampai pakai pengantara orang perusahaan kayu industri yang lain buat kirimin foto ke wartawan kabar daerah?. Lucu.

Mohon maaf nama penerima foto muatan kayu 2 truk yang masuk ke areal pabrik PT. Sijas di unit 2 Nimbokrang kami sudah mengetahui identitasnya, tapi kali ini kami pending dulu untuk memberitakan namanya di publik.

Yang jelas orang yang kirim foto 2 truk yang masuk ke pabrik Kayu Industri milik Sijas di Nimbokrang, juga punya peranan penting di salah satu perusahaan kayu industri primer di Distrik Nimbokrang kabupaten Jayapura.

Intinya dia bermaksud cuman membantu saja, namun yang kami sangat sesalkan, yaitu kenapa bukan orang Sijas sendiri yang kirim langsung fotonya ke wartawan atau ke kami lsm?. Aneh memang, pakai perantara segala.

Jadi dari saya ketua lsm yang selalu bersama-sama media mengungkap kasus-kasus kejahatan ilegal loging di Papua, saya minta APH jangan tinggal diam, jangan tutup mata dan telinga, lidik dan sidik juga sumber bahan baku yang diperoleh PT. SIJAS EXPRES SEJAHTERA selama ini”, tutup Yerry merasa geram. : Hengky, Orlando, Jack/Jeffry~Pemred.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *