Kepala DPMPTSP Bersama Staf Bangga & Tersentuh Atas Kunjungan Bupati Puncak Jaya Kemarin

Kepala DPMPTSP Puncak Jaya, Yusuf Talebong, S.Sos. M.AP (sumber foto; Leki Kogoya, WA/15-09-2021).

 

Jayapura Papua, kabardaerah.com. Meskipun kunjungan yang dilakukan Bupati Kabupaten Puncak Jaya DR. Yunni Wonda, SIP. MM, Rabu 15 September 2021 kemarin di OPD Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dilakukan secara mendadak ataupun tiba-tiba, namun kunjungan istimewa itu sangat membuat kepala dinas dan stafnya merasa bangga dan tersentuh sekali.

Seperti apa perasaan bangga, syukur dan juga terimakasih dari segenap ASN yang berada di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) DPMPTSP kabupaten Puncak Jaya itu sendiri, berikut Media Online Nasional Kabar Daerah menuliskan dan menyampaikan secara langsung ucapan terimakasih yang disampaikan tertulis oleh pimpinan DPMPTSP kemarin (15/9/2021).

Foto: Kepala Dinas (sebelah kanan, berdiri paling depan) foto bersama staf di depan kantor DPMPTSP.

 

KUNJUNGAN YANG TERSENTUH:

“Kami keluarga besar ASN Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Pelayanan Terpadu Satu Pintu kabupaten Puncak Jaya, menyampaikan terimakasih yang tak terhingga kepada Yth, Bupati Puncak Jaya, DR. Yunni Wonda, S.Sos. S.IP.  MM, di sela-sela aktifitas beliau yang sangat tinggi, dapat meluangkan waktu untuk berkunjung ke dinas kami.

Kunjungan bapak Bupati kali ini, kami maknai sebagai kunjungan yang luar biasa, karena di samping beliau dapat melihat aktifitas pelayanan publik secara dekat, juga dapat mendengar dan menilai Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi (TUPOKSI) Dinas Teknis yang baru dibentuk pada tahun 2019, sesuai Peraturan Bupati Puncak Jaya Nomor: 3 Tahun 2019 yang lalu.

Kunjungan inspeksi bapak Bupati DPMPTSP kali ini tentunya bertujuan untuk dapat meningkatkan motivasi, memberikan semangat ASN untuk dapat bekerja lebih giat. Beberapa aspek yang dinilai sudah sesuai standar pelayanan, himbauan beliau agar tetap dipertahankan bahkan dapat ditingkatkan lagi, namun ada hal-hal karena keterbatasan sarana dan prasarana, namun aktifitas pelayanan harus dapat dimaksimalkan.

Kekurangan-kekurangan dan juga keterbatasan-keterbatasan itu hal yang biasa. Kuncinya tetap ada semangat bekerja, sinergitas, dan aktif melakukan pembinaan internal Sumber Daya Manusia (SDM), dituntut untuk mampu melakukan terobosan dan inovasi di bidang “Pelayanan Publik” sebagai bagian dari tugas pokok dan fungsi ASN, dalam kapasitas sebagai “Agen Perubahan” dalam membangun daerah dan masyarakat.

Harapan dan Doa kami DPMPTSP ke depan dapat lebih eksis dalam keberadaannya, untuk tetap berkarya membangun masyarakat dan daerah kabupaten Puncak Jaya yang kami cintai dan kami banggakan ini.

Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Puncak Jaya, Yusuf Talebong, S.Sos. M.AP dan seluruh staf.” Demikian tulis kadis DPMPTSP yang dikirim oleh staf Kabid Perizinan Terpadu Leki Kogoya, dalam bentuk file pdf kepada wartawan, kemarin siang.

Kabid perizinan Leki Kogoya kepada media ini juga menyampaikan rasa syukur terimakasih serta apresiasinya yang teramat dalam, kepada Bupati Puncak Jaya DR. Yunni Wonda, S.Sos. S.IP. MM, atas peristiwa kunjungan dadakan tersebut.

Demikian tulis Leki Kogoya yang dikirim kepada media Kabar Daerah:

“Bupati Puncak Jaya, seperti biasanya tanpa jadwal melakukan kunjungan mendadak ke masing-masing dinas dan OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Daerah kabupaten Puncak Jaya. Beliau meninjau langsung perkembangan aktifitas kantor atau Organisasi Perangkat Daerah yang ada di sini.

Salah satu hal yang luar biasa dari Bupati kita di kabupaten Puncak Jaya ini yang patut kami semua beri apresiasi, adalah:

1. Kunjungan dalam bentuk Sidak atau Inspeksi Mendadak, yaitu dalam rangka melihat langsung secara dekat perkembangan OPD di lingkungan Pemerintah kabupaten Puncak Jaya.

Beliau turun sendiri dan tanya langsung ke masing-masing instansi dan ke kepala OPD atau dinas yang ada dan kepala kepala bidangnya, terkait perkembangan tupoksi dan kinerja masing-masing bidang, soal pelayanan publiknya, serta keseluruhan tupoksi dan capaian kerja dari dinas itu sendiri. Seperti contohnya kami di DPMPTSP ini.

2. Luar biasa, Bupati tahu nama dan menghafal semua nama kepala bidang dan kepala seksi, apalagi kepala dinas dan kepala-kepala OPD yang lain, beliau sangat hafal betul. Bupati lainnya pasti sedikit saja menghafal nama-nama kepala bidang dan kepala seksi yang ada di setiap OPDnya, tapi pak Bupati Puncak Jaya kita ini memang orangnya berintelegensi tinggi dan punya memori yang Luar biasa.

3. Luar biasa untuk kepemimpinan beliau, Bupati Puncak Jaya adalah pribadi yang sangat disiplin dalam mengemban tugas dan amanah yang diberikan. Sering beliau memimpin apel setiap hari senin dalam bulan berjalan, dengan sifat kepemimpinan yang sangat bijaksana, yaitu dalam hal ketegasan untuk pengambilan sebuah keputusan. Pak Bupati kita memang figur pemimpin yang hebat dan tepat.

4. Yang berikut dari saya secara pribadi, dari mulai beliau dilantik sampai dengan hari ini, tidak pernah beliau tinggalkan tugas dan tetap ada di kabupaten Puncak Jaya. Ini sesuatu yang amat sangat luar biasa, merupakan teladan atau contoh yang sangat baik bagi figur pemimpin dan pejabat atau kepala daerah manapun di atas Tanah Papua ini.

5. Yang luar biasa kami lihat dari gaya kepemimpinan seorang Yunni Wonda Bupati Puncak Jaya, Bupati kita ini adalah pribadi yang selalu sabar dalam menghadapi semua problem masyarakat, baik suka duka yang ada dihadapinya dengan tènang dan sabar.

6. Yang keenam dari saya secara pribadi dan juga selaku ASN, saya berpesan kepada semua Bupati di daerah Peggunungan Tengah Papua, harus belajar dari kharakter serta sifat kepemimpinan seperti BUPATI PUNCAK JAYA. Harus itu!.

7. Berikut yang saya secara pribadi melihat lagi dan mengamati kondisi politik yang ada saat ini di Papua, terkesan ada beberapa BUPATI di PEGUNUNGAN TENGAH yang punya keinginan dan mungkin ambisi untuk mau maju jadi Gubernur Papua, setelah berakhirnya 2 Periode nanti kepemimpinan bapak Lukas Enembe sebagai Gubernur Papua.

Pesan saya bagi mereka figur-figur pemimpin kita ini, haruslah memiliki sifat kedisiplinan ASN dan punya bukti kinerja dan track record dalam memimpin sistem TATA PEMERINTAHAN yang bertanggung jawab, baik, profesional, beretika, transparan, akuntabel dan disiplin seperti Bupati Puncak Jaya baru bisa maju Gubernur.

8. Saya sebagai Kabid merasa bangga dengan kehadiran orang nomor satu (1) di kantor DPMPTSP, dan secara khusus di ruangan kerja saya. Ini sesuatu yang tidak terduga, tiba-tiba saja dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya dan bagi kami semua pegawai, mulai dari pimpinan Kepala Dinas hingga turun ke staf yang ada.

Sejak beliau datang di sini, saya lapor kepada beliau (Bupati), tentang perkembangan kinerja semenjak saya dipercayakan tanggal 12 Agustus 2021 menjadi Kepala Bidang Perizinan sampai dengan hari ini. Beberapa hal yang saya sampaikan, yakni soal perizinan itu sendiri.

Di dinas dan bidang kami ini, kami sudah mengeluarkan sebanyak 126 IMB bagi warga masyarakat dan atau bagi pelaku usaha. Lainnya terkait dokumen surat izin bagi para pelaku usaha itu sendiri.

Leki Kogoya, SP (Kepala Bidang Perizinan Terpadu) Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu Puncak Jaya.

Yakni; Surat Ijin Tempat Usaha (SITU) bagi mereka kalangan dunia usaha atau pedagang, untuk kios dan toko yang berada di Puncak Jaya, kemudian Surat Ijin Perdagangan (atau SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Surat Izin Jasa Konstruksi untuk PT (SIUJK), sudah kami jelaskan ke bapak Bupati Puncak Jaya yang sangat kami hormati dan banggakan.” Tulis Kabid Perizinan Terpadu menutup unek-uneknya yang dirasakan atas sidak Bupati Puncak Jaya ke kantornya.

 

Penulis dan Pewarta📢: Jeffry/Jack, R.W ~ Pemred & Admin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *