KKB Teror Warga, 10 orang meninggal dunia dan 2 dua orang luka-luka di Kabupaten Nduga, Papua

Foto: Kabid Humas Polda Papua ketika memberikan keterangan pers kepada para awak media.

 

Jayapura, kabardaerah.com. Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Nduga Papua, kembali berulah dengan kejam melakukan penyerangan dan penembakan terhadap warga sipil, pada Sabtu 09.15 Wit pagi.

Kabid humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH saat ditemui di Media Center Bidang Humas Polda Papua, membenarkan kejadian penyerangan dan penembakan tersebut.

“Benar ada penyerangan dan penembakan oleh KKB di kampung Nogolait Kabupaten Nduga pada hari ini (Sabtu) pukul 09.15 Wit,” ungkap Kabid Humas.

Kabid Humas Polda Papua saat menunjukan foto-foto para korban kekejian KKB kepada wartawan.

Kabid Humas mengungkapkan kejadian tersebut berawal saat korban dalam perjalan dari kampung Kenyam tujuan ke Batas Batu dengan menggunakan Truk Dyna warna Merah Orange, saat itu korban posisi duduk di Bak belakang Mobil.

“Pada saat melintas di kampung Nogulait, saat itu tiba-tiba dihadang di tengah jalan kurang lebih berjarak 50 meter oleh KKB dengan jumlah sekitar 20 (dua puluh) orang, dengan 3 (tiga) orang membawa Senjata Api Panjang, dan 1 (satu) orang terlihat membawa Senjata Pendek warna Silver.

Saat mobil berhenti kemudian langsung ditembak ke arah mobil dengan jarak kurang lebih 50 meter, sopir berusaha memundurkan mobil dengan jarak kurang lebih 100 meter, kemudian tetap ditembak ke arah mobil yang akhirnya mengenai supir.”  Ujar Kombes Kamal.

Lebih lanjut, Kabid Humas menjelaskan para korban ditemukan di 4 TKP; di antaranya di jalan dekat Truck dan di Motor ditemukan 3 korban.

Selanjutnya 3 meter dari tempat pertama menuju ke arah batas batu dekat warung kelontongan, ditemukan 6 korban dan 1 di belakang warung, selanjutnya di tanjakan satu orang korban ditemukan di pinggir jalan, dan yang terakhir juga ditemukan di jalan dekat dengan mobil Bupati.

“Hingga saat ini anggota Polres Nduga yang dibackup Satgas Damai Cartenz dan rekan-rekan TNI masih terus mendalami latar belakang dari perbuatan keji KKB tersebut, dan melakukan pengejaran terhadap pelakunya,”  jelas Kabid Humas.

Kabid Humas menambahkan saat ini 11 korban telah dievakuasi ke kabupaten Mimika.

“Pukul 15.30 Wit 11 korban di antaranya 9 korban meninggal dunia dan 2 orang korban luka berat telah dievakuasi oleh TNI-Polri ke kabupaten Mimika.

Kapolres Mimika juga telah menyiapkan ambulance untuk dapat melakukan penjemputan dan telah berkoordinasi dengan pihak RSUD Mimika,” ujar Kabid Humas menambahkan.

Adapun 2 korban luka-luka dievakuasi dengan menggunakan Heli Bell Polri, 3 korban Meninggal dunia dievakuasi menggunakan pesawat Rimbun Air, 6 korban MD dievakuasi dengan menggunakan Heli Caraca milik TNI AU dan 1 korban telah diambil keluarganya guna dimakamkan di Kenyam Kabupaten Nduga. 📢: Jack/JRW~Pemred.

 

POLRI DAERAH PAPUA
{BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT}

SIARAN PERS

tentang:

“KKB Teror Warga, 10 orang meninggal dunia  dan  2 dua orang luka-luka di Kabupaten Nduga, Papua.”

Jayapura, 16 Juli 2022.

Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi No. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Drs Ahmad Musthofa Kamal, SH. HP 08126071540.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *