BABINSA Andarias Pariaribo Ikut Serta Dalam Proses Peminangan Menurut Adat Byak

 

BiakPapua, Kabar Daerah. Babinsa Koramil 1708-01/Biak kota, Serda Andarias Pariaribo ikut serta dalam acara adat; yaitu proses peminangan disertai dengan pembayaran menurut adat “Byak” dikampung Birubi Distrik Yendidori, kabupaten Biak Numfor.

Proses adat yang dilakukan oleh keluarga Apner Mnubepiom (pihak laki-laki) kepada keluarga Oceh Pariaribo (pihak perempuan), dilakukan berdasarkan adat Byak dengan menyerahkan piring serta uang sebagai tanda ikatan yang sah.

Pemberian ‘Emas Kawin’ ini merupakan salah satu tradisi masyarakat Papua khususnya di Biak Numfor, yang telah ada sejak leluhur hingga kini yang masih terus dijaga dan terpelihara dengan baik.

Seperti yang dilakukan babinsa Koramil 1708-01/BK Serda Andarias Pariaribo sebagai babinsa yang ikut serta menghadiri undangan dari masyarakat.

Kehadiran babinsapun disambut baik oleh pihak keluarga, di mana selain dirinya melaksanakan tugas sebagai Bintara Pembina Desa, namun bisa ikut berbaur dan beradaptasi dengan kehidupan tradisi adat istiadat yang ada.

Babinsa juga telah dianggap menjadi bagian dari keluarga, sehingga dengan hadirnya babinsa ditengah-tengah masyarakat dapat memperkokoh ikatan kekeluargaan antara TNI dan Rakyat.

“Menjadi kepuasan tersendiri karena mendapat undangan resmi langsung dari Bapak Oceh Pariaribo untuk hadir dalam acara adat ini. Saya sangat senang pastinya.

Ini merupakan bukti dan wujud nyata kedekatan babinsa dengan masyarakat di wilayah binaan, dan sebagai bukti jalinan silaturahmi yang baik antar babinsa dengan warga binaan,” ucap serda Andarias Pariaribo.

Dipenghujung kegiatan adat tersebut Oceh Pariaribo (keluarga pihak laki-laki), mengucapkan terima kasih kepada babinsa yang dapat hadir menyukseskan acara adat tersebut.

“Semoga kedepannya kedekatan dan keakraban antara TNI dan rakyat tetap terjaga,” tuturnya menutup.

Kegiatan yang berlangsung itu dihadiri juga oleh;
1. Yulius pariaribo (kepala desa Syabes)
2. Yoram Pariaribo (sekdes Syabes)
3. Mesak Pariaribo
4. Yan Piter Mnubepiom.

5. Daud Syabes
6. Serda Andarias pariaribo (Babinsa), dan
7. Masyarakat kampung Syabes dan kampung Birubi. Pewarta 📢: Heri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *