Apel perdana 2023 Dinas Pendidikan, Dipimpin Kepala Dinas; “Ada Hal Penting Disampaikan Kamarudin, S.Pd”

Foto: Kepala Dinas berdiri memberikan arahan dan pidato perdana saat memimpin langsung apel sore bersama staf jajarannya di depan kantor Dinas Pendidikan & Kebudayaan kabupaten Biak Numfor. Foto live KD; Herry, 09/01/2023.

 

Biak, Kabar Daerah. Setelah dilantik pada tanggal 29 Desember 2022 kepala dinas pendidikan kabupaten Biak Numfor Kamarudin, S.Pd, memimpin apel yang berlangsung di halaman Dinas pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Biak Numfor, senin 09 Januari 2023.

ASN yang mengikuti apel sore tersebut pun mendengarkan pidato terkait berbagai upaya yang akan dikerjakan kepala dinas yang baru, untuk kemajuan pendidikan dan kebudayaan itu sendiri, beserta berbagai keluhan yang sudah menjadi fokus perhatian Kamarudin.

Pada kesempatan yang sama pula, kadis ketika ditanyai mengenai kekurangan guru dan juga aset sekolah berupa rumah, ia mengatakan bahwa untuk persoalan guru memang sudah terjadi sangat lama, tetapi dengan berbagai upaya maka pemerintah mengeluarkan program PPPK untuk mengatasi kekurangan tenaga pengajar di setiap sekolah.

“Saya melihat bahwa pemerintah tidak tinggal diam, pemerintah terus berupaya mewujudkan kekurangan dan berbagai keluhan. Kalau dulu kita hanya mengharapkan PNS tetapi itu sangat terbatas, maka sekarang ini ada program baru namanya PPPK, dan ini sangat membantu dan tentunya akan ada solusi lainnya lagi”, tuturnya menerangkan.

lanjutnya. Bahwa iapun ingin bekerja secara tuntas dengan melihat inti persoalan yang ada pada tiap sekolah, menurutnya butuh kerja keras, karena kalau hanya sebatas pembicaraan saja maka persoalan tidak akan pernah selesai.

“Solusinya adalah dengan mengecek langsung ke bawah, maka inti persoalan di tiap sekolah itu dapat ditemui serta diselesaikan.

Dan terkait dengan aset sekolah berupa rumah guru ini banyak ditemui, masih ada guru yang sudah pensiun tetapi masih tinggal di rumah dinas, maka kami akan berupaya dengan cara melakukan pendekatan persuasif.

Dan sekaligus juga untuk sekolah yayasan boleh dikatakan pemimpinnya dua; baik yayasan dan juga dinas pendidikan, tetapi yang paling berperan penting adalah yayasan, karena seperti bangunan berupa sekolah atau rumah guru ini menjadi aset milik yayasan bukan lagi milik pemerintah.

Jadi misalnya pemerintah bangun sekolah swasta dengan sumber dana dari dana DAK, maka akan ada berita acara serah terima dari bupati kepada ketua yayasan.

Kalau itu sekolah negeri, maka berita acara serah terimanya dari pemerintah pusat kepada bupati. Jadi saya berharap untuk rekan-rekan yayasan agar juga mengkroscek serta menjaga aset-aset yayasan, jangan ada persoalan lalu dibawa ke dinas pendidikan”, bilang kepala dinas.

Kamarudin pun menambahkan bahwa untuk sekolah YPK itu merupakan yayasan yang paling kuat secara struktural karena ada jemaat didekatnya.

Karena ada jemaat, Klasis dan sinode sehingga secara struktural itu, sehingga sangat kuat untuk membangun pendidikan yang lebih baik.

“Saya berharap kepada PSW YPK untuk menjadi mitra yang sejajar dan kuat. Mulai 1 Januari 2023 untuk urusan SMA sudah pindah ke kabupaten, termasuk sistem penggajian serta pada bulan yang sama {Januari, red} pula akan dilakukan  pelantikan kepala-kepala sekolah.

Harapan saya mohon kesabaran dari guru-guru SMA-SMK yang gajinya belum dibayarkan, karena masih ada kendala administratif.

Uangnya sudah ada di rekening Kasda untuk satu tahun gajinya, tetapi dari provinsi Papua belum mengirim Surat Keterangan Penghentian Pembayaran (SKPP).

Kami masih menunggu surat tersebut. Kami berharap di pertengahan bulan Januari sudah bisa di berikan SKPP, lalu kami akan mengeluarkan Surat Perintah Pembayaran (SPP), sekaligus saya sampaikan bahwa untuk Plt. Kepala Sekolah dalam pertengahan bulan Januari ini sudah bisa dilantik”, tutup kadis Kamarudin kepada wartawan.

Penulis & Pewarta 📢: Herry.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *