Kapolda Papua Barat Diminta Tangkap Bos Tambang Ilegal; MAS WAN

KETUA LSM WGAB YERRY BASRI MAK, SH.

 

Manokwari  Papua Barat, KD. Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat (Irjen Polisi Drs. Daniel Tahi Monang Silitonga, SH), diminta untuk turut menangkap oknum Bos Mavia tambang bernama IWAN.

Lelaki non Papua bernama Mas Iwan atau yang sering disapa “Maswan” ini, dari informasi yang berhasil dihimpun papua.kabardaerah.com beberapa hari kemarin, diketahui merupakan salah seorang big bos tambang di distrik Masni kabupaten Manokwari. Yang bersangkutan diinfokan berdomisili di SP 7.

YBM (Yerrry Basri Mak, SH) sebagai aktivis pemerhati lingkungan yang selalu menyoroti persoalan tambang ilegal di Manokwari, ia meminta satu nama pengusaha tambang ilegal yang berlokasi di KALI KASIH distrik MASNI ini, supaya secepatnya ditangkap dan diproses hukum.

Maswan

“Kami beberapa hari kemarin ini sudah kantongi satu nama lagi sebagai pemain senior juga di Masni, beliau bernama Mas Iwan atau biasa dipanggil “MASWAN”.

Maswan ini sepertinya pemain lama juga. Dia kami dapat laporan, memiliki sekitar 8 Eksavator di lokasi tambang, dan setiap bulan setoran per alat berat itu sebesar 10 juta rupiah. Bayangkan itu, coba dikalikan dengan 8 unit tiap bulan?.

DIDUGA ADA KETERLIBATAN OKNUM ANGGOTA TNI TERTENTU.

Yang tidak kami habis berpikir, entah benar atau tidak, disebutkan bahwa setoran per alat berat itu diberikan ke oknum aparat TNI tertentu. Entah siapa orangnya, tapi kami sedang berupaya untuk menelusuri kebenarannya.

Jika informasi dugaan ini A1 alias benar, maka kami sangat meminta agar Panglima Kodam XVIII Kasuari supaya menegur dan memberi sangsi tegas bagi oknum anggotanya yang sudah ikut berafiliasi dengan kegiatan pertambangan ilegal di Masni Manokwari”, pinta pimpinan lsm.

Lagi sambung YBM menutup penyampaiannya kepada redaksi media online nasional ini, ia menduga pula ada oknum anggota POLDA Papua Barat tertentu, yang ikut membeking kegiatan pertambangan ilegal (PETI) dari Maswan di Kali Kasih.

“Kami menduga juga ada keterlibatan oknum anggota Polri tertentu dalam hal ini Polda Papua Barat, yang ikut menjadi pembekap si big bos mavia tambang pak Maswan ini, selain oknum anggota TNI.

Semoga Kapolda dan jajarannya baik Tipidter Direskrimsus Polda Papua Barat, juga Kaporesta Manokwari dan jajarannya, bisa menangkap salah satu bos peti bernama Maswan ini, jadikan tersangka dan seret ke ranah hukum untuk diberi efek jera kepadanya”, tekan ketua LSM {26/8}. 📢: Nehemia, Jack, Cs.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *