Satgas Gakkum Operasi Damai Cartenz Berhasil Tangkap 3 Terduga Pelaku Pembunuhan Aktivis Perempuan, Michele Kurisi Doga

KD Jayapura, Papua. Satuan Tugas Gabungan Penegak Hukum {SATGAS GAKKUM} Operasi Damai Cartenz 2023 akhirnya berhasil menangkap tiga (3) orang terduga pelaku pembunuh aktivis perempuan asli Papua Michele Kurisi Doga.

Srikandi asli Papua yang selalu aktif bersuara bagi kepentingan perempuan Orang Asli Papua; Michele Kurisi Doga, diketahui sering tampil menjadi pembicara di youtube/medsos bahkan pernah menyampaikan orasi membela rasisme bagi OAP.

Foto insert: Michele Kurisi Doga, detik-detik jelang kematiannya saat sebelumnya diinterogasi kelompok separatis.

Michele Kurisi Doga dibunuh oleh sekelompok orang yang diduga merupakan kelompok separatis, pada 28 Agustus 2023 lalu di Distrik Koloak Atas, Kabupaten Lanny Jaya, Papua Pegunungan.

Michele dibunuh oleh oknum-oknum pelaku itu dengan cara ditikam menggunakan pisau, dan dipukul kepalanya menggunakan kayu.

Aksi keji mereka membunuh sesama orang asli Papua (OAP) itu direkam langsung mereka sendiri, dan kemudian disebarkan melalui kanal media sosial mereka (Facebook) dan akhirnya viral.

Dalam video viral yang dibuat mereka itu, diperlihatkan korban awalnya diinterogasi para pelaku dan tidak lama kemudian terlihat korban tengah meregang nyawa, di semak-semak dengan darah terkucur di baju bagian dada korban.

“Pembunuhan ini sadis dan kejam. Bagaimana bisa beberapa orang laki-laki membunuh seorang wanita, divideokan dan diviralkan”, ujar kepala Operasi Damai Cartenz 2023; Kombes Polisi Dr. Faizal Ramadhani, SH. SIK. MH saat ditemui awak media di Jayapura, sabtu (7/10/23).

Foto screenshot: Kombes Polisi Dr. Faizal Ramadhani, S.Sos. SIK. MH.

Kombes kemudian menyampaikan lagi informasi bahwa ke-3 oknum kriminil tak berperikemanusiaan itu, telah ditangkap dengan lokasi penangkapan yang berbeda-beda; di Jayapura Papua dan di wilayah Papua Pegunungan.

“Hari Kamis 5 Oktober 2023, kami telah melakukan penangkapan terhadap seorang terduga pelaku pembunuhan Michele dengan inisial PM di Jayawijaya, kemudian besoknya kami lakukan pengembangan dan menangkap lagi terduga pelaku AW di Jayapura kemudian RK alias RM di Tolikara. Total pelaku diperkirakan tujuh orang”, tuturnya.

Foto: AKBP. Bayu Suseno.

Ka. Satgas Humas Damai Cartenz AKBP. Bayu Suseno juga menambahkan, bahwa dari hasil penyelidikan sementara, kasus pembunuhan berencana ini diduga dilakukan oleh tujuh orang pelaku dengan inisial masing-masing: “PM,” “AW,” “RK,” “KW” (DPO), “JW” (DPO), “DW” (DPO) dan “K” yang juga masih merupakan DPO {Daftar Pencarian Orang}.

Foto insert: Satgas Operasi Damai Cartenz 2023 saat melakukan penyisiran di lokasi peristiwa terbunuhnya Aktivis perempuan Orang Asli Papua {OAP} Michel Kurisi Doga, di distrik Koloak Atas, Kabupaten Lanny Jaya, Papua Pegunungan.

“Ketujuh terduga pelaku ini diduga merupakan anggota KNPB yang aktif menyebarkan propaganda negatif, di media sosial tentang isu Papua”, tutup Ka. Satgas menerangkan kepada wartawan.

Saat ini ketiga terduga pelaku sementara diamankan di Polda Papua, untuk menjalani proses penyidikan lebih lanjut. Editor & Posted 📢 by: Jeffry/Jack~Pemred.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *