7 Penambang Emas Tewas Ditembak KKB Di Yahukimo, 11 Orang Selamat

Foto insert: Aparat Gabungan Damai Cartenz saat mengevakuasi jenazah para korban penembakan KKB di Yahukimo {16/10/2023}.

Kabar Daerah Yahukimo, PapPeg. Kurang lebih sebanyak tujuh {7} orang Pendulang Emas di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, tewas akibat ditembaki kelompok kriminal bersenjata (KKB), pimpinan Egianus Kogoya {Senin, 16/10/2023}.

Tindakan sangat keji kriminil bersenjata itu dilakukan di lokasi pendulangan emas secara ilegal di kampung Mosom Duba, distrik Seradala, kabupaten Yahukimo, sekitar pukul 13.00 WIT (jam 1 siang). Kurang lebih 11 orang selamat dalam serangan KKB itu.

“Tim gabungan Satgas Damai Cartenz berhasil mengevakuasi 11 warga selamat dan 7 warga yang meninggal dunia”, kata Kasatgas Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani dalam keterangannya, Selasa (17/10).

Kombes Faizal menuturkan aparat sempat mendapat gangguan saat hendak melakukan evakuasi, bahkan sempat terjadi aksi saling tembak selama lebih dari satu jam.

“Setibanya di TKP, tim mendapat gangguan tembakan dan terjadi kontak tembak selama 1 jam 30 menit”, ungkap Faizal menerangkan.

Dia menuturkan KKB pimpinan Egianus Kogoya menjadi dalang dari aksi pembunuhan ini. Faizal pun menegaskan akan mengejar dan menegakkan hukum terhadap Egianus.

“Kami akan kejar pelaku dan akan kami lakukan penegakan hukum terhadap KKB Egianus Kogoya”, tegasnya.

Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP. Bayu Suseno mengatakan, korban yang selamat dan meninggal telah dievakuasi. “Mereka dievakuasi ke Polres Yahukimo”.

AKBP. Bayu mengungkapkan korban yang berhasil dievakuasi dan selamat berjumlah 11 orang. Mereka mengalami luka ringan akibat serangan KKB tersebut.

“Tujuh korban selamat berhasil dievakuasi siang ini, dan dalam kondisi luka-luka ringan jadi total korban selamat berjumlah 11 orang dan 7 warga yang meninggal dunia”, ujarnya mengakhiri. Editor & Pewarta 📢: Jeffry/Jack.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *