Barapen Apresiasi Irjen. Pol Isir: Patut Jadi Kapolri, Tantang Kapolda Papua Tuntaskan Kasus Ilegal Mining Dan Ilegal Loging

Foto kombinasi: 2 Kapolda di Tanah/Pulau Papua, ketua LSM beserta 2 foto kegiatan Tambang dengan cara Ilegal dan Pemuatan Bahan Baku Kayu hasil Pembalakan Liar di Papua.

Sentani Jayapura, Papua, Kabar Daerah. Ketua LSM BARISAN RAKYAT PEDULI NUSANTARA {BARAPEN} Provinsi Papua mengatakan, jika komitmen Kapolda Papua Barat Irjen Polisi Johnny Eddizon Isir, S.I.K. M.T.C.P benar-benar dilaksanakan, maka negara patut memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada orang nomor 1 Polda Papua Barat itu.

Yaitu berkenan dengan kasus Pertambangan Emas ilegal yang masih menjadi PR panjang soal Penegakkan Hukumnya hingga sekarang, termasuk kasus Ilegal Loging yang selalu disoroti Aktivis dan Lsm pemerhati lingkungan serta kawasan hutan di Tanah Papua.

Menurut ketua Lsm resmi bernama Edison Suebu, SH siang itu (Selasa, 6/2), Siapa pun dari ketiga Calon Presiden dan pasangannya {CAPRES~CAWAPRES} yang akan terpilih nanti memimpin bangsa dan NKRI 5 tahun ke depan, patut mengangkat Kapolda Papua Barat Irjen Polisi Johnny Eddizon Isir menjadi Kapolri atau Wakapolri ataupun Kabareskrim, apabila yang bersangkutan benar-benar serius dan berkomitmen mau menunjukan taring dan buktinya, berantas segala kasus kejahatan Ilegal mining di Manokwari, dan di daerah lain di Papua Barat.

Foto: Ketua LSM Barisan Rakyat Peduli Nusantara (BARAPEN) Papua Edison Suebu, SH.

“Presiden terpilih nanti menurut kami Lsm harus mengangkat pak Johnny Eddizon Isir menduduki posisi paling tertinggi di MABES POLRI sebagai orang Papua pertama termuda di NKRI, apabila janji dan komitmennya untuk berantas dan tertibkan maraknya kasus Pertambangan Emas secara ilegal di Manokwari, termasuk di daerah lain di provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya yang adalah wilayah hukumnya 100 persen ditunjukkan.

Kita patut kasih apresiasi yang setinggi-tingginya kepada beliau (Kapolda PB), bilamana janji, keseriusan dan komitmennya itu benar-benar terbukti selepas Pemilu di bulan Februari ini, mengingat publik sudah menunggu-nunggu bukti ketegasan beliau yang disertai janji itu, karena pernyataan bapak Kapolda Papua Barat itu sudah tersampaikan resmi ke publik Papua dan Indonesia”, ujar Edy, nama sapaan.

Foto: Irjen Polisi Johnny Eddizon Isir, S.I.K. M.T.C.P Kapolda Papua Barat.

Sebaliknya kata Edy, jika janji dan komitmen seorang Johnny Eddizon Isir yang pasti punya hati untuk negerinya sendiri itu tidak berhasil dimanifestasikan, maka pimpinan Lsm Barapen yang pernah memimpin Partai Politik di Sorong Papua Barat Daya dan Manokwari Papua Barat ini menuturkan, bahwa pernyataan Kapolda termuda di Indonesia yang adalah OAP itu sama saja bohong, tidak dapat dipercaya.

Tidak hanya Kapolda Papua Barat, pernyataan berupa tantangan itu juga disampaikan kepada Kapolda Papua, manakala maraknya kasus Ilegal Mining dan Ilegal Loging di provinsi Papua nanti benar-benar bisa ditertibkan bahkan diberantas Irjen Polisi Mathius D. Fakhiri,  S.I.K.

Sebut Edy, apabila orang nomor 1 di POLDA PAPUA mampu menegakkan hukum dengan menertibkan dan memberantas segala praktek Pertambangan Emas secara ilegal dan Pembalakan Liar di beberapa daerah di provinsi Papua, maka perwira tinggi bintang dua itu patut diangkat Presiden terpilih nanti menjadi KAPOLRI atau WAKAPOLRI ataupun KABARESKRIM POLRI misalnya, untuk membuktikan bahwa negara Repoblik Indonesia memberi apresiasi nyata bagi kinerja yang baik dan patut dipuji untuk seorang anak asli Papua.

Foto: Irjen Polisi Mathius D. Fakhiri, S.I.K kapolda Papua.

“Apresiasi kami tentunya ditujukan utama kepada Kapolda Papua Barat Irjen Polisi Johnny Eddizon Isir yang telah berkomitmen akan menegakkan hukum, yaitu menertibkan maraknya kasus Pertambangan Emas Tanpa Izin alias PETI atau ILEGAL MINING di Manokwari Papua Barat.

Tetapi sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat yang sudah berapa tahun ini menyoroti dan mengecam segala bentuk kejahatan Ilegal Mining dan Ilegal Loging di Provinsi Papua, kami berikan pula tantangan kepada Kapolda Papua Bapak Irjen Polisi Mathius D. Fakhiri, S.I.K.

Jika beliau (Kapolda Papua) mampu atasi maraknya kasus Pertambangan Ilegal di Provinsi Papua, salah satu contohnya seperti di lokasi tambang rakyat di Distrik Sengggi yang terdapat sekitar Ratusan Alat Berat EXAVATOR dan Peralatan Moderen itu; termasuk kasus Ilegal Loging jika mampu dituntaskan sama sekali, oknum-oknum para Mafiosonya ditangkap dan diproses hukum, maka ketika Presiden terpilih nanti dilantik, kami Lsm mendorong agar bapak Irjen Polisi Mathius Fakhiri pun dipromosikan untuk menduduki jabatan tertinggi dan strategis di tubuh Mabes POLRI.

Kenyataannya kan sampai sekarang kasus kejahatan kemanusiaan yang termasuk pelanggaran HAM, dimana hutan sungai masyarakat dibabat dan dihancurkan dengan peralatan berat, termasuk sumber daya alam berupa Kayu dieksploitasi terus tanpa izin, tapi belum nampak terlihat keseriusan penegakan hukum yang dilakukan sama sekali oleh institusi Polda Papua.

Para cukong mafioso ilegal itu kan masih bebas berkeliaran mengeruk keuntungan secara ilegal, tapi dimana sikap tegas APH kita selama ini?. Ini aneh tapi nyata.

Ya kami berharap semoga apa yang ditunjukkan Kapolda Papua Barat sebagai anak asli Papua itu, bisa ditiru oleh Kapolda Papua juga, agar semua kasus kejahatan tambang dan pembalakan liar di Wilayah Hukum Polda Papua, bisa diminimalisir ataupun dihilangkan sama sekali”, ungkap dan harap Edison menutup pernyataannya. 📢: Red.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *