Kunker YPM di Distrik Oridek Biak, Agar Mendengar Keluhan Masyarakat

YAN PERMENAS MANDENAS {berdiri tengah, kaos putih} bersama warga masyarakat kampung, berpose bersama. Foto: Live~HW, 05/02/24.

Oridek, Biak Papua, Kabar Daerah. Kunjungan kerja calon anggota DPR RI Yan Permenas Mandenas {YPM} dari Fraksi Gerindra di Kampung Wadibu Distrik Oridek, terjadi pada hari Senin, 05/02/2024.

Kader partai bernama lengkap Yan Permenas Mandenas, S.Sos, M.SI yang juga adalah Manajer Sepak Bola PSBS Biak, seperti telah diketahui, turut mencalonkan diri sebagai calon anggota DPR RI, dari Fraksi Gerindra dengan nomor urut 1.

YPM melakukan kunjungan kerja ke distrik Oridek, bertujuan mendengar langsung aspirasi masyarakat yang ada di distrik paling timur pulau Biak itu.

“Hari ini Saya berada di distrik Oridek untuk mendengar secara langsung aspirasi masyarakat.

Distrik oridek yang terdiri dari 14 kampung inipun hadir dengan aspirasi yang berbeda-beda.

Banyak sekali keluhan masyarakat yang harus diperjuangkan, mulai dari masalah Tenaga Kerja, kemudian Rekruitmen PNS, Angka Pengangguran, Tenaga Guru, masalah Honorer dan masalah Nelayan.

Soal nelayan ini, faktanya kan yang mendominasi yaitu kapal-kapal tangkap yang masuk ke wilayah perairan, yang merupakan bagian dari wilayah nelayan-nelayan promotor. Harus hal ini serius diperhatikan.

Ini jelas akan menjadi bahan evaluasi kita. Kemudian semoga ada dukungan kongkrit baik dari Gereja, DPR dan Pemerintah, untuk membantu pelayanan masyarakat di kampung-kampung, khusunya di distrik Oridek ini”, ujar Yan.

Ia (YPM) menambahkan bahwa kunjungan tersebut bertujuan untuk mendengar secara langsung, keluhan masyarakat yang ada di kampung, serta memberikan bantuan, dalam rangka pengembangan jemaat di Gereja-Gereja yang ada di distrik Oridek.

Yan berharap pertemuan itu dapat menjembatani serta dikomunikasikan dengan pemerintah, sehingga apa yang menjadi harapan masyarakat suatu saat dapat terwujud.

“Apalagi mengenai lapangan kerja ini sangat urgen karena banyak sarjana yg tinggal dengan ijasahnya di kampung, padahal mereka punya kemampuan.

Nah, maka untuk bagian ini harus menjadi catatan supaya dievaluasi oleh pemerintah, sehingga rekruitmen PNS ke depan lebih memprioritaskan orang asli Papua atau OAP.

Kita minta tolong ke pusat pastinya untuk diperhatikan, khususnya masyarakat asli Papua di Biak Numfor ini.

Harapan saya rekrutmen PNS mendatang 90 persen harus anak-anak asli Biak Numfor, seperti contoh daerah Paniai, sehingga saya berharap ke depannya Biak harus lebih maju lagi”, tuturnya.

Dari sekian banyak Distrik yang berada di Biak Numfor ketika dikunjungi Mandenas, sebutnya, tercatat angka pengangguran sangat tinggi berada di kampung-kampung.

“Oleh karna itu harus ada keberpihakan dari setiap rekruitmen tenaga kerja, baik pemerintah maupun swasta yang berada di Papua.

Dengan demikian hak masyarakat Biak harus diberikan, baik: hak secara Politik, Swasta, maupun hak sebagai PNS tapi juga sebagai pelaku Ekonomi”, ungkap caleg pro rakyat yang pernah menjabat anggota DPRD Provinsi Papua (DPRP) ini.

Di akhir penyampaiannya itu, YPM mengatakan akan berupaya mendapatkan data terkait pengembangan UMKM, yang ada di Biak.

Sehingga harapannya, suatu saat masyarakat juga mendapatkan bantuan untuk mengembangkan usaha-usaha kecil dan menengah Mereka.

Kenapa?, karena hal tersebut bagian dari upaya untuk mendukung pembangunan daerah, tetapi juga untuk mendukung pengembangan pariwisata itu sendiri.

Penulis 📢: Herri.
Edit dan Posting: Jeffry/Jack.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *