Ketua LSM WGAB: “Bapak Kapolda Papua Barat, Mana Janjinya Tertibkan Ilegal Mining?

Foto: YERRY BASRI MAK, SH. MH.

Manokwari, Papua Barat, Kabar Daerah. Ketua LSM Wadah Generasi Anak Bangsa (WGAB) Yerry Basri Mak, SH. MH mempertanyakan “janji” Kepala Kepolisian Daerah {KAPOLDA} PAPUA BARAT; Irjen Polisi Johnny Eddizon Isir, S.I.K. M.T.C.P.

Pasalnya, sampai memasuki Maret 2024 masih belum jelas janji orang nomor 1 di institusi Polda Papua Barat itu, untuk benar-benar melakukan penertiban terhadap segala praktek ILEGAL MINING alias PERTAMBANGAN EMAS TANPA IZIN.

“Kami pertanyakan janji Kapolda Papua Barat Bapak Irjen Johnny Eddizon Isir, yang sudah tersampaikan kepada publik dan meyakinkan masyarakat.

https://doberainews.com/2024/03/15/masyarakat-adat-tagih-janji-kapolda-papua-barat-tertibkan-tambang-ilegal-di-manokwari/?amp=1.

Semua mata di Manokwari dan Papua Barat melihat dan menantikan bukti tindakan nyata dari seorang putra asli Papua yang pimpin Polda Papua Barat saat ini, kapan terealisasi janji itu kita mau lihat.

Selepas dari bulan Februari pasca Pemilu sudah berjalan belum?, jika sudah berjalan proses dan upaya penertibannya, kira-kira seperti apa dan sudah sampai mana perkembangannya, Kapolda harus transparan menyampaikan kembali ke publik”, ungkap Yerry menegaskan (Sabtu, 16/3).

https://www.google.com/amp/s/m.antaranews.com/amp/berita/3894690/kapolda-papua-barat-janji-tertibkan-tambang-emas-ilegal.

Sambungnya mengatakan, beberapa sosok Kapolda Papua Barat sebelumnya, komitmen penertiban aktivitas ilegal mining seperti yang disampaikan Johnny Eddizon Isir selaku anak asli Papua, hanyalah janji muluk belaka dan tinggal kenangan, sehingga diharapkan hanya Johnny Eddizon Isirlah yang akan bisa benar-benar membuktikan janji dan komitmennya itu.

“Soal kegiatan penambangan emas secara ilegal di Manokwari kami Lsm sudah sejak dua Kapolda lalu berturut-turut, kami bersuara keras mengecam penggunaan alat berat Eksavator dan juga peralatan moderen, karena jelas akan merusak dan menghancurkan ekosistem yang ada pada kawasan hutan tersebut.

https://jubi.id/polhukam/2024/kapolda-papua-barat-janji-tertibkan-tambang-emas-ilegal/.

Intinya jangan serakah karena ada generasi anak cucu Orang Asli Papua pemilik hak ulayat di Wasirawi, Wariori, Kali Kasih,di Masni yang selalu akan hidup dari hutan dan air yang adalah ibu yang menghidupi mereka.

Kalau mendulang atau menambang pakai peralatan sederhana Kuali dan Sekop, mana ada hutan dan air mau hancur?. Iya kan?. Tapi kalau pakai Eksavator, apalagi Mercuri dan mungkin juga bahan peledak, jelas sudah melanggar Undang-Undang Minerba dan akan merusak hutan dan Kali atau sungai.

Nah, sejak 2 Kapolda yang lalu memimpin Polda Papua Barat, hanyalah janji doang yang diucapkan, bukti sama sekali tidak ada.

Oleh sebab itu dengan adanya sikap peduli yang disertai janji dan komitmen seorang Irjen Polisi Johnny Eddizon Isir, maka kita semua beri apresiasi yang tinggi dan sangat mendukung sekaligus menagih janji bapak Kapolda Papua Barat.

Kapan terwujud janji Pak Johnny Eddizon Isir, kami publik dan masyarakat mau lihat, sudah sejauh mana perkembangannya diberitahukan ke publik Manokwari, Papua Barat, Papua Barat Daya dan Tanah Papua, kita tuntut Janji dan komitmennya”, tegas Yerry bertanya kepada Kapolda Papua Barat melalui pemberitaan media kabar daerah.

Sementara itu kemarin, Sabtu 16 Maret 2024, redaksi media ini telah menyampaikan permohonan konfirmasi kepada orang nomor 1 di Dinas Polda Papua Barat, untuk mempertanyakan terkait janji Kapolda Irjen Polisi Johnny Eddizon Isir, S.I.K. M.T.C.P.

Alhasil, sampai diekspos berita inipun, Kapolda Papua Barat masih belum memberikan keterangan konfirmasinya. 📢: TimRedKDPapua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *